MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK MB) 2023. Kegiatan berlangsung selama 2 hari pada 8-9 Agustus 2023, bertempat di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo.

Kegiatan PKK MB 2023 dibuka oleh Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. Selain itu, turut hadir Ketua Pelaksana, Dr. A. Zarkasi, S.H., M.Hum., Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Unit, Ketua IKA UNJA, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. menyebut bahwa mahasiswa baru UNJA tahun 2023 merupakan mahasiswa yang beruntung.

“Mahasiswa sekalian yang saat ini sudah berada di sini merupakan mahasiswa yang beruntung. UNJA saat ini sedang dalam langkah internasionalisasi menuju A World Class Entrepreneurship College, dan mahasiswa semuanya akan menjadi saksi sekaligus berperan aktif di dalamnya,” ujar beliau.

Ketua Pelaksana PKK MB UNJA 2023, Dr. A. Zarkasi, S.H., M.Hum., menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKK berjumlah lebih dari 6400 orang yang berasal dari 7 fakultas.

Pembukaan PKK MB UNJA 2023 ditandai dengan pengalungan kokarde kepada 3 orang mahasiswa perwakilan sebagai simbolis dimulainya acara secara resmi.

Pada hari pertama kegiatan PKK MB UNJA 2023 diisi dengan orasi penyampaian materi oleh Kejaksaan Tinggi Jambi, Gubernur Jambi, para Wakil Rektor, dan Kepala Perpustakaan UNJA.

Kepala Kajati Jambi, Elan Suherlan, S.H., menyampaikan materi tentang membentuk generasi muda yang integritas dan anti korupsi.

“Penyuluhan yang saya sampaikan kepada mahasiswa semuanya hari ini merupakan langkah awal dari pencegahan tindak pidana korupsi. Mahasiswa bisa berperan aktif dalam berbagai kegiatan untuk menggaungkan pencegahan anti korupsi. Buktikan bahwa kalian semua memang pantas masuk UNJA” tuturnya.

Berlanjut dengan Gubernur Jambi, beliau berharap mahasiswa-mahasiswa UNJA bisa sukses, berkontribusi untuk negeri, mengikuti perkembangan, dan menjadi pewaris kepemimpinan Jambi di masa depan.

“Kita berharap semua mahasiswa baru UNJA bisa sukses dan berkontribusi untuk negeri tanpa khawatir kekurangan SDM berkualitas. Kita juga berharap mereka bisa mengikuti development, ilmu, dan talent yang saat ini berkembang. Kita punya harapan besar, alumni UNJA bisa mewarisi apa yang kita semua lakukan,” ujar Gubernur.

Pada sesi materi siang di hari pertama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. menyampaikan materi mengenai Serba Serbi Mengikuti Kuliah di Universitas Jambi serta materi Tujuan atau Objectives Seorang Mahasiswa dan Perilaku Bermedia Sosial. Sesi tersebut dimodetarori oleh Korpus Dokumentasi dan Informasi Publik (HUMAS UNJA), Mochammad Farisi, S.H. LL.M.

Materi penutup dipaparkan oleh Kepala UPT Perpustakaan, Drs. Saharudin, M.Ed., M.App.Sc., Ph.D., mengenai Membumikan Perpustakaan sebagai Jendela Dunia.

Kegiatan berlanjut hingga sore pukul 16.00 WIB dengan serangkaian kegiatan-kegiatan dan yel-yel yang membuat suasana menjadi meriah. PKK MB UNJA 2023 akan berlanjut pada hari kedua, tanggal 9 Agustus 2023 dengan serangkaian materi-materi menarik lainnya yang akan disampaikan oleh BNN Jambi, Polda Jambi, Korem 042 Garuda Putih, Satgas PPKS UNJA, serta penampilan video dari UKM yang ada di UNJA.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS


Publish Views: 1,047