UNJ menjadi tuan rumah FGD dosen PAI se Indonesia

Humas UNJ, Jakarta-Dalam rangka memperkuat narasi moderasi beragama dan bela negara, pada kamis-Sabtu 15–17 Des 2022, bertempat di gedung Syafei kampus A UNJ, asosiasi dosen pendidikan agama Islam (ADPISI) mengadakan FGG pengembangan materi dan konten moderasi beragama dan bela negara.

Sekjen ADPISI Yusuf Hanafi yang juga dosen PAI universitas Negeri Malang, menginformasikan bahwa kegiatan ini menghadirkan 65 pengurus DPP ADPISI yang berasal dari 30 universitas umum dari 22 provinsi se Indonesia. FGD ini menurutnya bertujuan untuk menghasilkan esai-esai dan konten-konten video dakwah Islam seputar tema-tema moderasi Islam, toleransi, beragama anti kekerasan, agama dan kearifan lokal, serta agama dan bela negara.

Rektor UNJ Prof. Komarudin ketika menerima para pengurus ADPISI menyatakan bahwa UNJ  adalah kampus terbuka dan tidak mengenal sekat-sekat aliran keagamaan. Selama kajian-kajian dan pemikiran agama yang diajarkan tidak tergolong ekstrem kanan dan kiri, mereka dapat berdialektika di kampus UNJ.

Di sisi lain, Prof. Komarudin menegaskan dukungannya terhadap ADPISI dalam upayanya untuk mengembangkan pembelajaran PAI yang moderat, berkeadaban, dan berkontribusi untuk peradaban dunia. Menurutnya, dalam perkuliahan PAI mahasiswa perlu didorong untuk terus berdialog dan berpikir kritis tentang konsep keagamaan dan implementasinya pada kehidupan fashionable dalam konteks keindonesiaan. Mahasiswa bisa diminta untuk mengadakan seminar guna mempresentasikan kajian2 mereka tentang Islam, imbuhnya.

Di sela-sela FGD tersebut juga dilakukan pelantikan kepengurusan DPP ADPISI masa khidmah 2022-2027, di mana Andy Hadiyanto dosen PAI UNJ diberi amanah untuk memimpin roda organisasi ini.

“Selamat untuk kepengurusan DPP ADPISI 2022-2027, salam moderasi dan cinta NKRI,” ucap Prof. Komarudin.

kontributor: TIM ADPISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *