Palawa Unpad Jadi Koordinator Relawan Mapala Gempa Bumi Cianjur – Universitas Padjadjaran

Palawa Unpad Jadi Koordinator Relawan Mapala Gempa Bumi Cianjur – Universitas Padjadjaran

Dec 5, 2022 by admin

[Kanal Media Unpad] Unit Pencinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran menjadi koordinator para mahasiswa pencinta alam yang menjadi relawan bencana pada gempa bumi Cianjur. Koordinator tersebut dilakukan Palawa Unpad yang saat ini ditunjuk sebagai Pusat Koordinasi Nasional (PKN) Mahasiswa Pencinta Alam Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Koordinator PKN Mapala PT Indonesia dari Palawa Unpad Ardino Dupo Krismontala mengatakan, koordinasi dilakukan dengan memberikan surat tugas kepada Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mapala se-Indonesia agar personel yang hadir sebagai relawan Gempa Cianjur terpusat di satu titik lokasi, yaitu di pos Mapala Jabar STIA A-Azhary, Cianjur.

“Kegiatan relawan mapala dipusatkan disatu titik agar mahasiswa pencinta alam yang hadir sebagai relawan di Cianjur terkoordinir dan terintergasi dalam penanganan bencana dari segala aspek,” ujar Ardino.

Relawan yang hadir pada kegiatan tersebut berasal dari berbagai wilayah, seperti Jawa Barat, Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Kalimantan Timur. Di pos tersebut, sederet aktivitas dilakukan relawan. Mulari dari kegiatan evakuasi, pembuatan akses sanitasi, hingga menampung berbagai donasi yang diberikan organisasi Mapala se-Indonesia untuk kemudian disalurkan ke wilayah terdampak.

Selama 10 hari pertama pasca-kejadian gempa, tim berfokus pada evakuasi. Selanjutnya, tim berfokus pada pembuatan akses sanitasi hingga penyaluran donasi.

Pembuatan akses sanitasi dilakukan bersama dengan relawan di titik yang terdampak, seperti Galudra, Sukamulya, Cimacan, dan titik-titik lainnya. “Pembuatan sanitasi dilakukan untuk menyalurkan akses air bersih ke wilayah terdampak,” imbuhnya.

Ardino memaparkan, koordinasi yang dilakukan Palawa Unpad dinilai penting agar aktivitas para relawan mapala di lokasi bencana dapat terkoordinasi dalam satu gerakan, tersistematis, terstruktur, dan tidak terpolarisasi. Hal ini dilakukan mengingat kelompok mapala kerap menjadi relawan saat bencana terjadi.

UKM Palawa Unpad ditunjuk sebagai Pusat Koordinasi Nasional Mapala PT se-Indonesia berdasarkan hasil Pertemuan Nasional Mapala Tingkat PT se-Indonesia ke-32 yang digelar di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, pertengahan 2022 lalu. Sebagai koordinator, Palawa mempunyai program yang bergerak di bidang kemanusiaan dan lingkungan.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *