Mengenal Jurusan Ilmu Sejarah dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan Ilmu Sejarah dan Prospek Kerjanya

jurusan sejarah

Mengenal Jurusan Ilmu Sejarah dan Prospek Kerjanya – Apa yang telah ada dalam benakmu saat dengar Jurusan Sejarah? Apa jurusan yang mengulas kejadian masa lampau dengan jejeran nama figur dan tanggal penting yang perlu dihafalkan?

Secara simpel, Jurusan Sejarah ialah jurusan yang pelajari kejadian periode kemarin. Namun, kejadian masa lampau yang diulas di perkuliahan mempunyai lingkup yang bertambah luas dibanding dengan materi di SMA.

Lalu seperti apakah sich Jurusan Sejarah di kursi perkuliahan? Yok, baca sampai akhir!

Apakah itu Jurusan Sejarah?

Jurusan Sejarah ialah jurusan yang pelajari semua kejadian di periode lalu dalam beragam kerangka, dimulai dari geografi, kesehatan, budaya, ekonomi, politik, seni, agama, sampai militer . Maka, kuliah di jurusan ini tidak hanya belajar mengenai kejadian prakemerdekaan, kemerdekaan, dan pascakemerdekaan kok, Gaes.

Karena jumlahnya kerangka sejarah yang didalami, mahasiswa jurusan ini harus memiliki bermacam referensi literatur untuk dikaji dan direkonstruksi. Yap, rutinitas membaca tidak hanya sama dengan mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, tapi juga mahasiswa Jurusan Sejarah. Karena itu, prodi ini pas sekali buat kamu yang suka membaca.

Sudah pernahkah kamu dengar peribahasa jika sejarah dicatat oleh beberapa juara? Kabar dari https://www.kurniabalon.com/, sebuah sumber literatur tidak mengutarakan bukti sejarah keseluruhannya, hingga kita perlu membaca sumber yang lain untuk mendapati bukti-bukti yang lain masih terselinap.

Nach, sesudah membaca topik sejarah yang serupa dari sejumlah sumber paling dipercaya, daya analitis mahasiswa Jurusan Sejarah mulai dites. Seringkali dialog antarmahasiswa terjadi pada proses analitis satu kejadian sejarah . Maka, mahasiswanya terasanya detektif yang sedang pecahkan sebuah konspirasi getho dech, hebat ya?

Tidak cease sampai di sana saja. Sesudah membaca dan menganalisa, mahasiswa Jurusan Sejarah belajar merekonstruksi kejadian itu lewat tulisan dengan memerhatikan kecocokan posisi waktu peristiwanya. Maknanya, Jurusan Sejarah tidak hanya latih rutinitas membaca, tapi juga kekuatan menulis mahasiswanya. Bagaimana, menarik ‘kan?

Prospek Kerja dan Upah Lulusan Jurusan Sejarah

Kamu tentu bertanya, lulusan Jurusan Sejarah kerja apa kelak? Beberapa orang berpikiran lulusan jurusan ini cuma bisa menjadi sejarawan dan guru. Apakah benar demikian?

Ya, tidak donk. Jurusan Sejarah dapat cetak lulusan untuk bekerja di beberapa sektor karier kok. Ini karena lulusannya mempunyai wacana luas yang didapatkan dari kesukaannya membaca banyak literatur. Disamping itu, kekuatan menulis yang didapatkan dari latihan merekonstruksi satu kejadian bermanfaat untuk masuk karier yang terkait dengan kepenulisan, lho!

Apa lagi mata kuliah jurusan ini berkaitan dengan kerangka sektor tertentu, seperti ekonomi, seni, budaya, dan sebagainya. Dahlah, semakin bertambah ‘kan prospek kerjanya. Agar kamu tidak semakin ingin tahu, berikut sejumlah prospek kerja lulusan Jurusan Sejarah yang dikutip dari profile lulusan Kampus Padjadjaran:

  • Dosen/Guru
  • Sejarawan
  • Jurnalis
  • Kurator Museum
  • Arsiparis
  • Pegawai Dinas Kebudayaan
  • Analis Perbankan
  • Sineas

Berkenaan upah lulusan Sejarah, sudah tentu bervariatif bergantung kedudukan, perusahaan, dan domisili kota tempat kamu bekerja. Umumnya, upah recent graduate diawali dari angka 4,lima juta rupiah. Nominal ini dapat semakin bertambah bersamaan peningkatan kedudukan dan pengalaman kamu sepanjang bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *