Mahasiswa OKK Unpad Berikan Penyuluhan Kesehatan Mental ke Pelajar SMA – Universitas Padjadjaran

Mahasiswa OKK Unpad Berikan Penyuluhan Kesehatan Mental ke Pelajar SMA – Universitas Padjadjaran

Dec 2, 2022 by admin

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa OKK kelompok 34 Universitas Padjadjaran di bawah bimbingan Dr. Budi Irawan, M.Si mengadakan aksi sosial “Mental Health Preparation” (Mention) di SMA Karsa Madya Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mempersiapkan mental siswa SMA tingkat akhir dalam menghadapi kehidupan pra-kampus.

Mention merupakan bentuk penyuluhan kesehatan mental yang berguna bagi siswa menengah atas tingkat akhir mengingat banyak siswa atau calon mahasiswa yang mengalami stres, cemas, dan takut gagal menjelang seleksi masuk perguruan tinggi,” kata Ketua Pelaksana Ikmalludin dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pada acara tersebut, kelompok 34 OKK Unpad yang terdiri dari 27 mahasiswa membagi pengalaman dan memberi  motivasi para siswa agar siap melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, terdiri dari dua kelas IPA dan empat kelas IPS. Setiap kelas mendapat materi yang sama, yaitu tentang strategi memilih jurusan kuliah, manajemen waktu, dan support system.

Setelah sesi materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi games dan sharing session. Pada sharing session terlihat beberapa siswa sudah menargetkan perguruan tinggi dan jurusan apa yang akan menjadi tempat belajar mereka selanjutnya.

Di akhir kegiatan, siswa menuliskan impian mereka di atas kertas lalu ditempelkan pada papan tulis kelas. Kegiatan ini sebagai langkah untuk saling tahu dan saling mendukung impian antar masing-masing siswa.

Berdasarkan kuesioner yang dibagikan oleh tim OKK Unpad kepada siswa, hampir seluruh siswa merasa kegiatan ini sangat berguna karena menambah pengetahuan mereka tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke perguruan tinggi.

Siswa juga menjadi tahu cara supaya tetap sehat secara fisik dan psikis selama persiapan masuk perguruan tinggi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadikan siswa sekolah menengah atas tingkat akhir lebih sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan khususnya secara psikis,” harap Ikmalludin. (rilis)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *