Cara Mendaftar ke Universitas Tanpa Agen

Tugas pertama dan terpenting bagi calon mahasiswa adalah meneliti dan menentukan pilihan tentang universitas dan program studi. Umumnya, Anda harus memanfaatkan liburan sekolah/kuliah Anda sebaik-baiknya untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Riset web adalah hal pertama yang harus dilakukan tetapi lebih baik mengunjungi universitas yang diminati, jika bepergian adalah pilihan. Jika tidak, coba minta teman Anda di negara tujuan untuk melakukannya untuk Anda. Ada juga berbagai hari terbuka, konferensi dan pekan raya yang memberikan kesempatan lain untuk bertemu dengan perwakilan universitas. Pada tahap ini juga masuk akal untuk berbicara dengan teman atau kerabat yang memiliki pengalaman belajar di luar negeri.

Ketika universitas dan program studi dipilih, inilah waktunya untuk penilaian diri yang cermat. Periksa persyaratan universitas terhadap kualifikasi Anda saat ini: Apakah Anda perlu mengambil kursus dasar? Apakah tingkat bahasa Inggris Anda cukup tinggi untuk kursus yang dipilih? Apakah Anda memiliki sertifikat yang benar dan legitimate? Anda sudah memeriksa semuanya dan semua sesuai dengan persyaratan? Sangat bagus, sekarang periksa lagi! Sulit untuk mendapatkan berita yang lebih mengecewakan daripada ditolak oleh universitas karena element kecil yang hilang setelah berbulan-bulan menunggu, persiapan dan impian.

Anda sekarang siap untuk mengisi formulir aplikasi. Pastikan Anda memenuhi batas waktu aplikasi. Misalnya di Inggris aplikasi ke hampir 300 universitas dilakukan melalui sistem UKAS dan batas waktu dapat bervariasi tergantung pada jurusan dan institusi. Jika Anda tertarik dengan kursus paruh waktu, Anda perlu menghubungi universitas satu per satu untuk mengetahui cara mendaftar. Berhati-hatilah saat mengisi formulir aplikasi, pastikan Anda memberikan semua informasi yang diperlukan dan mengirimkan semua dokumen yang diperlukan. Sebaiknya lakukan dengan seseorang yang sudah mendaftar ke institusi pendidikan sehingga mereka dapat membantu Anda untuk memeriksa formulir aplikasi sebelum Anda mengirimkannya.

Sekarang tunggu, butuh waktu untuk memproses aplikasi. Masa tunggu rata-rata adalah sekitar 4 minggu tetapi tergantung pada jurusan dan universitas dan terkadang bisa jauh lebih lama. Cukup sering kami menjumpai situasi di mana kami harus menghubungi universitas untuk menindaklanjuti aplikasi. Oleh karena itu, e mail dan/atau panggilan telepon ke departemen penerimaan universitas mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

Selamat! Anda telah menerima penawaran bersyarat. Ini berarti universitas telah menyediakan tempat untuk Anda, tetapi Anda harus memenuhi persyaratan tertentu agar tawaran Anda menjadi tanpa syarat. Cukup sering (tetapi tidak selalu) ada dua syarat: tes bahasa Inggris (misalnya IELTS) dan setoran biaya kuliah. Jika Anda belum melakukannya, lakukan riset di pusat pengujian IELTS untuk memesan ujian. Apakah Anda memerlukan kursus persiapan IELTS? Atau kursus bahasa Inggris dulu? Dapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini jauh sebelumnya. Minta saran teman Anda tentang kursus persiapan. Ketika semuanya sudah selesai dan sertifikat sudah di tangan, Anda perlu meneruskannya ke universitas dan mengatur pembayaran biaya. Hubungi financial institution Anda dengan element rekening universitas persis seperti yang tertulis dalam instruksi pembayaran.

Setelah menerima penawaran tanpa syarat, Anda perlu memulai aplikasi visa Anda (jika Anda memerlukannya). Habiskan sisa waktu sebelum Anda bepergian untuk mempelajari tentang negara tujuan, budaya dan tradisinya sebanyak mungkin. Bersiaplah untuk cara hidup yang berbeda yang mungkin dipimpin orang di negara tempat Anda bepergian. Tanyakan kepada teman Anda atau dapatkan konsultasi profesional tentang kepraktisan hidup di luar negeri. Ingat: bahkan emosi positif pun mungkin sulit ditangani jika Anda mendapatkan banyak emosi sekaligus, terutama di negara baru.

Kami, tentu saja, tidak mengklaimnya sebagai panduan komprehensif untuk diikuti, ini hanyalah beberapa poin yang harus diperhatikan dalam jalur aplikasi universitas. Yang menarik bagi saya di sini adalah semua yang disebutkan dilakukan oleh penasihat kami secara GRATIS? Tidak hanya. Kadang bahkan lebih murah daripada mendaftar langsung ke universitas (misalnya banyak universitas kami di AS akan lebih murah melalui kami). Dari sini saya hanya dapat sampai pada kesimpulan bahwa adalah mungkin untuk mendaftar ke universitas tanpa penasihat profesional, itu tidak masuk akal! Atau MAU?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *