Unpad Lepas Kontingen Pimnas ke-35 di UMM Malang – Universitas Padjadjaran

Unpad Lepas Kontingen Pimnas ke-35 di UMM Malang – Universitas Padjadjaran

Nov 28, 2022 by admin

[Kanal Media Unpad] Dua tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM RE) Universitas Padjadjaran siap berlaga di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Jawa Timur, 30 November-4 Desember 2022 mendatang.

Tim pertama adalah lima mahasiswa Fakultas MIPA Unpad, yaitu Rifky Adhia Pratama, Ahlam Nauval Mahendra, Puteri Khansa Salsabila, Geometry Amal Nur Sheha, dan Yuristian Diasasmita dengan PKM RE berjudul “Preparasi Komposit Nanorod ZnO/S,N-GQDs dengan Teknik Layer-by-Layer Assembly sebagai Fotokatalis Pendegradasi Limbah Tekstil”. Tim dibimbing oleh dosen FMIPA Unpad Dr. Diana Rakhmawaty Eddy, M.Si.

Tim kedua yaitu Azka Algina (Fakultas Pertanian/Faperta), Syifaa Yunita Yulianti (Faperta), Rohimatus Syamsyiah (Faperta), Veadora Yasminingrum (FMIPA), dan Bergas Frenli Nur Vendi (FMIPA) dengan PKM RE berjudul “Uji Potensi Frekuensi Sonic Bloom dalam Menginduksi Ketahanan Padi (Oryza sativa) terhadap Serangan Bakteri Xanthomonas oryzae Penyebab Penyakit Hawar Daun”. Tim dibimbing oleh dosen Fakultas Pertanian Unpad Vira Kusuma Dewi, SP., M.Sc., Ph.D.

Dua tim tersebut dilepas secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di Ruang Rapat Rektor, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (28/11/2022).

“Terima kasih sudah mewakili Unpad, kreativitas, dan kreasinya berarti sudah layak dipertandingkan di tingkat nasional,” kata Rektor.

Rektor berharap, Pimnas ini dapat menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru serta kesempatan berinteraksi dengan mahasiswa se-Indonesia.  Apa yang dilakukan mahasiswa juga diharapkan dapat menginspirasi banyak orang.

Rektor pun berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga semangatnya dan berjuang dengan otpimal. Hasil baik diharapkan dapat diraih.

“Tentu soal menang atau kalah itu hasil dari semua perjuangan,” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Tim Reviewer Internal Unpad Dr. Budi Irawan, S.Si., M.S mengatakan bahwa kedua tim mahasiswa telah melalui serangkaian monitoring dan pembekalan sehingga siap untuk berlaga di lomba presentasi dan poster.

 “Tim akan berjuang semaksimal mungkin, harapannya tentunya kita bisa memperoleh medali,” harap Budi.

Pelepasan keberangkatan tim tersebut juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD., Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T.,Ketua Tim Reviewer Iinternal Unpad Prof. Tati Herlina, Dekan Faperta Unpad Dr. Meddy Rachmadi, Ir., M.S, dan Wakil Dekan I FMIPA Unpad Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D. (arm)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *