Orientasi Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan Gelombang ke-2 Tahun 2022

Orientasi Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan Gelombang ke-2 Tahun 2022

Dec 10, 2022 by admin

Humas, Jakarta-Kamis, 8 Desember 2022 telah berlangsung Orientasi Mahasiswa baru Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 di Universitas Negeri Jakarta di aula Gedung. Muh. Hatta UNJ Kampus A.

Kegiatan ini diikuti oleh 283 mahasiswa PPG Prajabatan dari 10 program studi, yaitu: 1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 93 Mahasiswa; 2) Bahasa Indonesia sebanyak 33 peserta; 3) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 3 peserta; 4) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) sebanyak 14 peserta; 5) Sosiologi sebanyak 17 peserta; 6) Sejarah sebanyak 25 peserta; 7) Biologi sebanyak 40 peserta; 8) Kimia sebanyak 17 peserta; 9) Matematika sebanyak 11 peserta; 10) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan sebanyak 30 peserta.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Sekretaris Ketua LP3M, Prof. Budiaman dan pengarahan serta pembukaan secara resmi oleh Wakil Rektor bidang akademik UNJ, Prof. Suyono Penjelasan teknis pelaksanaan PPG Prajabatan disampaikan oleh Ketua PPG UNJ Dr. Daryanto dan Dr. Muhsin.

Prof. Budiaman ketika menyampaikan sambutan

Wakil Rektor bidang akademik UNJ menjelaskan bahwa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan program pendidikan yang menyiapkan guru sebagai sumber daya manusia berkualitas untuk memenuhi kondisi ideal guru di Indonesia yang meliputi aspek kuantitas, distribusi, kualifikasi, dan kompetensi.

“PPG Prajabatan bertujuan menghasilkan guru profesional pemula yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila, semangat gotong royong, dan mampu menggunakan teknologi digital, serta melahirkan hal-hal yang inovatif dan kreatif. Untuk itu, pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022 di UNJ dilaksanakan dengan sangat baik untuk mencapai tujuan tersebut.” Tutup Prof. Suyono.

foto bersama pimpinan unj

Pada saat yang sama juga dilakukan Pembukaan PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022 secara Nasional, sosialisasi program dan penyerahan mahasiswa oleh Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek kepada masing-masing LPTK penyelenggara.

Kegiatan diakhiri dengan pengarahan oleh masing-masing koordinator program studi, pengenalan program dan secara teknis terkait perkuliahan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program ini dilaksanakan dalam 2 semester, untuk semester 1 dengan sistem 2 hari pembelajaran di kampus dan 3 hari di sekolah untuk PPL. Sementara untuk semester 2 dengan sistem 1 hari di kampus, dan 4 hari PPL di sekolah.

Kontributor: TIM LP3M UNJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *