Masjid Kampus Unpad Tuan Rumah Silaturahmi Wilayah AMKI Jabar – Universitas Padjadjaran

Masjid Kampus Unpad Tuan Rumah Silaturahmi Wilayah AMKI Jabar – Universitas Padjadjaran

Dec 10, 2022 by admin

[Kanal Media Unpad] Masjid Kampus Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah penyelenggaraan Silaturahmi Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Jawa Barat di Bale Rumawat Unpad, Bandung, Sabtu (3/12/2022) lalu. Silaturahmi AMKI Jawa Barat kali ini mengangkat tema “Peran Masjid Kampus Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Bertakwa, Unggul, dan Berdaya Saing International”.

Acara ini merupakan discussion board untuk saling belajar dalam meningkatkan kualitas manajemen masjid kampus serta mendorong masjid kampus yang inklusif dan menciptakan SDM yang berkualitas. Kegiatan digelar atas kolaborasi Masjid Unpad dengan tujuh masjid kampus lain, yaitu Masjid Salman ITB, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Siliwangi, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Bhakti Kencana.

Acara diikuti oleh perwakilan dari lebih 30 kampus se-Jawa Barat baik dari mahasiswa maupun DKM masjid . Hadir juga Dr. Hadiyanto Abdul Rachim, S.Sos., M.Ikom selaku Pimpinan Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Jawa Barat, Dr. H. Artaji, M.H selaku ketua DKM Al Jihad Unpad, dan H. Rahmat M.Ag., selaku Biro Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Barat.

Acara diisi oleh pemberian materi oleh Dr. Ir. H. Syarif Hidayat selaku Wakil Pimpinan Pusat Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (PP AMKI) dan Dr. Hadiyanto Abdul Rochim, S.Sos., M.Ikom.

“Menjadi anak masjid jangan sampai menjadi eksklusif. Jangan merasa paling dekat dengan surga dan membatasi orang-orang yang mau masuk dan belajar. Generasi muda yang mampu membangun harus sadar terhadap sustainability jangan sampai menjadi generasi rakus yang melakukan pemborosan. Agama bukan hanya sekedar hafalan, injak performancenya seperti pada surat At-Taubah. Efficiency yang diharapkan bagi mereka yang bersedia untuk mendaki jalan yang sulit,” ujar Dr. Ir. H. Syarif Hidayat.

Setelah pematerian selesai, terdapat penjelasan oleh Fasilitator AMKI Muda mengenai rangkuman program-program dari berbagai masjid kampus kemudian dilanjutkan menjelaskan mengenai persiapan dan pembentukan Jambore Nasional.

Dalam keberlangsungan acara, terdapat satu sesi diskusi yang mana para AMKI Muda dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas mengenai masalah program masjid kampus masing-masing dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Setelah diskusi berlangsung, semua peserta mempresentasikan hasil diskusi di hadapan audiens acara tersebut.

Sebagai tindak lanjut dari acara ini maka dipilih pula satu koordinator dari setiap masjid kampus yang akan berkontribusi dalam discussion board komunikasi untuk menyebarkan informasi program AMKI ke depannya. (rilis)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *