LP3M UNJ Selenggarakan LMS UNJ AWARD 2022

Humas UNJ, Jakarta-Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) memberikan penghargaan kepada civitas akademika, sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mengoptimalkan pemanfaatan studying administration system dalam acara LMS UNJ Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada fakultas, program studi, dosen, mahasiswa dan admin untuk kelas serta aktivitas terbanyak di LMS UNJ yang beralamat di https://onlinelearning.unj.ac.id/ sampai dengan tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 21 Desember 2022 bertempat di Auditorium lantai 9 Gedung Ki Hajar Dewantara ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Totok Bintoro, dihadiri para Dekan, para Wakil Dekan I, dosen, mahasiswa, admin pemenang penghargaan.

Koordinator Pusat Sumber Belajar LP3M, Dr. Cecep Kustandi selaku PIC pelaksanaan pembelajaran daring di UNJ menyampaikan pemanfaatan LMS merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang implementatif dan konstektual pada saat ini. Sebelum tahun 2019 UNJ tidak memiliki LMS terpusat, hampir semua Fakultas dan Program Studi masing-masing memiliki LMS dengan Platform yang berbeda. Mulai tahun 2019 Pusat Sumber Belajar LP3M kemudian mengembangkan LMS UNJ terintegrasi menggunakan platform e-learning berbasis MOODLE yang  selanjutnya diluncurkan bulan Mei tahun 2021. Pelaksanaan on-line studying telah berjalan selama pandemi covid-19 melalui pelaksanaan pendekatan pembelajaran blended (blended studying). Bahkan bukan hanya untuk Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan Mata Kuliah Dasar Khusus (MKDK) saja tetapi semua mata kuliah pada masing-masing program studi di semua Fakultas dan Pascasarjana.

“Saat ini LMS UNJ memiliki 792 akun Trainer (dosen), 25.120 akun Scholar (mahasiswa), 6.009 mata kuliah, 386.547 Publish Diskusi, 22.020 asset digital. Melihat statistik yang begitu baik, maka pada akhir semester 117 diberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang sudah membantu memenfaatkan LMS di UNJ secara optimum,” ungkap Dr. Cecep Kustandi

Dalam sambutannya Dr. Totok Bintoro menyampaikan pengalaman beliau ketika berkuliah di IKIP Bandung dan mempelajari teori Shulman yaitu Pedagogical Content material Data (PCK). Melalui teori ini bersama-sama kita dapat melihat bahwa setiap pembelajaran dan setiap proses belajar perlu dikemas dengan teknologi dan salah satunya adalah melalui On-line Studying UNJ ini. Selanjutnya Kepala LP3M, Prof. Muhammad Zid menyampaikan “Kami awalnya pesimis LMS ini bisa berjalan sesuai fitrahnya. Awalnya kami hanya membuat untuk memfasilitasi pembelajaran daring MKU dan MKDK, namun alhamdulillah saat ini sudah setiap fakultas dan hampir semua prodi menggunakan LMS UNJ,”

Dr. Totok Bintoro juga berharap ke depannya semakin banyak mahasiswa dan dosen yang memanfaatkan LMS sebagai moda pembelajaran daring, “Kami berharap semua pihak dapat memanfaatkan LMS dengan baik. Kami juga menyediakan fasilitas seperti ruang studio, ruang podcast, ruang microteaching, dan ruang sensible class sebagai sarana pendukung,” tutup Dr. Totok Bintoro dalam sambutannya.

Berikut daftar peraih penghargaan LMS UNJ Award 2022
Fakultas dengan Kelas Daring Terbanyak
1. Fakultas Teknik
2. Fakultas Bahasa dan Seni
3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Program Studi dengan Mata Kuliah Daring Terbanyak
1. Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni
2. Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
3. Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan

Dosen dengan Aktivitas Terbanyak
1. RM. Aditya Andriyanto, S.Pd, M.Sn dari Fakultas Bahasa dan Seni
2. Prof. Dr. Ir Arita Marini, M.E. dari Pascasarjana
3. Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd dari Fakultas Teknik

Admin dengan Aktivitas Terbanyak
1. Siswadi – Admin Pascasarjana
2. Arief Amrinaldi – Admin Prodi S1 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan

Mahasiswa dengan Aktivitas Terbanyak
1. Aini Nurfataya – Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial
2. Ilham Rabani – Mahasiswa Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni
3. Muhamad Bintang Melandri – Mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik.

Kontributor: TIM LP3M UNJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *