RIAU,- Tim mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) torehkan prestasi di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dalam gelaran Kajian Studi Ekonomi Islam Expo Mental Occasion (KaSEIVENT) 6.0 yang diselenggarakan oleh Universitas Riau pada 2-4 November 2023.

Tim tersebut terdiri dari Dwi Rahma Soviana Putri dan Dini Fadjira Syabrani (Prodi Ekonomi Pembangunan), serta Shela Pirnanda (Prodi Akuntansi). Mereka meraih Juara Harapan I pada ajang lomba tersebut dan membawa pulang piala serta sertifikat sebagai penghargaan.

Selain semangat dan rasa tidak takut untuk mecoba dalam mengikuti kegitan ini, tim mahasiswa UNJA tersebut tentunya melakukan riset dan persiapan seperti memantapkan isi Karya Tulis Ilmiah tim mereka yang berjudul ‘Siarsy: Aplikasi Literasi Halal Tourism Guna Mewujudkan Optimalisasi Wisata Halal di Provinsi Jambi’.

KTI dari tim mahasiswa ini mengangkat tema Halal Tourism, yang menyediakan sebuah solusi untuk mengetahui Wisata Halal yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi. Solusi yang ditawarkan adalah inovasi berupa aplikasi literasi Halal Tourism yang diberi nama ‘SiArsy’. Aplikasi ini berisi 3 fitur utama yaitu Edukasi, Ibadah, dan Pelayanan.

Tujuan dari hadirnya aplikasi ini adalah selain mendorong Pemerintah untuk mewujudkan optimalisasi Wisata Halal yang ada di Provinsi Jambi, juga bertujuan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mendapatkan informasi serta literasi mengenai wisata halal dan fasilitas berbasis syariah yang ada di Provinsi Jambi dan juga di seluruh Indonesia.

Serta memberikan kemudahan bagi pelaku usaha berbasis syariah dalam mempromosikan produknya karena nantinya aplikasi SiArsy akan menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang menyedikan layanan berbasis syariah dan usaha usaha yang memperjual belikan produk halal.

Selain itu, tim mahasiswa juga mematangkan kesiapan untuk mempresentasikan hasil Karya Tulis Ilmiah meraka dihadapan para juri.

Mereka menyampaikan harapan mereka untuk bisa menjadi mahasiswa yang haus ilmu pengetahuan dan menjadi mahasiswa yang menghasilkan banyak prestasi ke depannya.

 

“Harapan setelah perlombaan pastinya semoga kami tetap menjadi mahasiswa yang haus ilmu pengetahuan dan wawasan karena masih banyak occasion serta hal-hal baru yang harus kami coba yang kelak akan membawa kami menjadi mahasiswa yang dapat meraih prestasi lebih dari yang saat ini telah kami capai,” ujar mereka.

Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan, Dr. Etik Umiyati, S.E., M.Si., mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan harapannya bahwa pretasi ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya.

“Alhamdulillah selamat kepada tim mahasiswa yg sudah berhasil meraih juara pada lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional, semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya dan dapat ditingkatkan kedepannya,” tutur Dr. Etik Umiyati.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Kaka / HUMAS


Submit Views: 33