UNJ Selenggarakan Wisuda Semester 116 Secara Luring di SICC

UNJ Selenggarakan Wisuda Semester 116 Secara Luring di SICC

Nov 21, 2022 by admin

Humas UNJ, Bogor-Setelah 2 tahun menyelenggarakan wisuda secara virtual, pada semester 116 tahun akademik 2021/2022, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan wisuda secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara yang diadakan pada 9 November 2022 ini bertempat di Sentul International Conference Center (SICC), Bogor Jawa Barat. Acara wisuda UNJ yang mengangkat tema “Membangun Keunggulan dan Ketokohan Pendidikan Nasional” disiarkan juga secara langsung melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Turut hadir tamu, baik luring maupun daring, yaitu Dr. Wiranto selaku Ketua Dewan Penyantun UNJ dan para anggota dewan penyantun, ketua dan anggota dewan pengawas UNJ, Prof. Nizam selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Konsultan PTN-BH, para rektor 12 LPTK dan para pimpinan perguruan tinggi lainnya, ketua dan para pengurus IKA UNJ, ketua dan sekretaris senat UNJ, para ketua komisi dan anggota senat UNJ, para wakil rektor dan ketua Lembaga, para dekan dan direktur pascasarjana, dan pimpinan lainnya di lingkungan UNJ.

Pada gelaran wisuda semester 116 tahun akademik 2021/2022, UNJ mewisuda 2.665 lulusan yang berasal dari Program Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), hingga Doktoral (S3). Dengan rincian lulusan, yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), jumlah wisudawan sebanyak 249 wisudawan.
  2. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) , jumlah wisudawan sebanyak 320 wisudawan.
  3. Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), jumlah wisudawan sebanyak 249 wisudawan.
  4. Fakultas Ilmu Sosial (FIS), jumlah wisudawan sebanyak 593 wisudawan.
  5. Fakultas Teknik (FT), jumlah wisudawan sebanyak 511 wisudawan.
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), jumlah wisudawan sebanyak 194 wisudawan.
  7. Fakultas Ekonomi (FE), jumlah wisudawan sebanyak 284 wisudawan.
  8. Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), jumlah wisudawan sebanyak 99 wisudawan.
  9. Pascasarjana, jumlah wisudawan sebanyak 166 wisudawan.

Pada wisuda semester 116 tahun akademik 2021/2022, Jenderal Purn TNI Dr. Wiranto memberikan orasi ilmiahnya dengan judul “Peran Cendekiawan Membangun Optimisme Dalam Menghadapi Masa Depan yang Semakin Sulit Diprediksi”. Pada orasinya, Jenderal Purn TNI Dr. Wiranto, mengatakan bahwa dunia pendidikan, khususnya UNJ sudah seyogyanya mampu mentransformasikan keunggulannya untuk dapat diterapkan di masyarakat, menyelesaikan segala problem sosial dan pembangunan nasional. Apalagi mengingat tahun depan, dunia diprediksi akan mengalami resesi, ungkap Jenderal Purn TNI Dr. Wiranto.

Foto Dr. Wiranto ketika memberikan orasi ilmiah

Sementara itu, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam pidatonya mengatakan bahwa UNJ harus memiliki daya lenting dan eklektik agar mampu bertransformasi dan beradaptasi untuk terus menjaga asa menjadi perguruan tinggi unggulan dan solutif bagi pembangunan nasional, bahkan dunia. Untuk menjadi perguruan tinggi yang bereputasi dan berkontribusi signifikan bagi pembangunan bangsa, segenap civitas akademika UNJ harus mempunyai cita – cita dan pandangan yang jauh ke depan. Civitas Akademika UNJ diharapkan berperan aktif dalam mengembangkan keilmuan dan menerapkan keilmuannya di masyarakat. Lebih dari itu, ketokohan dosen/pakar/ahli pendidikan dari UNJ harus dikenal dan menjadi representasi nasional. Seperti halnya ketokohan para founding fathers UNJ, salah satu contohnya Prof. Conny R. Semiawan. Ia merupakan rektor perempuan pertama di Indonesia, ungkap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, bahwa pimpinan UNJ berpesan kepada para wisudawan bahwa tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan dan kebijaksanaan, di samping keunggulan intelektualitas. Selanjutnya membangun kesadaran kritis untuk membebaskan diri, masyarakat, bangsa, negara, dan dunia dari ketidak berdayaan, dari segara problem pembangunan. Untuk itulah, seorang sarjana harus hadir dan merefleksikan ilmunya untuk kebermanfaatan orang banyak, kebermanfaatan pada bangsa dan negara.

Foto ketika penyerahan wisudawan ke IKA UNJ

Pada akhir pidato, Prof. Komarudin mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas kelulusan dan penyelesaian studi di kampus UNJ. “Semoga saudara sekalian dapat berkiprah dan berkontribusi bagi pembangunan nasional, baik di lingkungan masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia. Utamanya, dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Prof. Komarudin dalam pidatonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *